10 Destinasi Air Terjun Di Jawa Tengah

by - January 29, 2018

Air Terjun Di Jawa Tengah

Air Terjun Di Jawa Tengah - Jawa Tengah mempunyai berbagai objek wisata andalan yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata bagi turis lokal maupun internasional. salah satunya merupakan berbagai air terjun indah yang tersebar di nyaris seluruh kabupaten di wilayah propinsi Jawa Tengah. Di mana sajakah air terjun tersebut berada? Yuk, simak 1  per satu  10 Destinasi Air Terjun Di Jawa Tengah. Siapa tahu saat mampir di Jawa Tengah, Anda bisa berwisata ke salah satu air terjun ini.

1. Air Terjun Tujuh Bidadari - Semarang

Air Terjun Di Jawa Tengah

Berlokasi di Kampung Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kab. Semarang. Merupakan air terjun 3 susun setinggi sekitar sepuluh meter ini airnya tidak cerah, segar dan udaranya sejuk serta dikelilingi pohon dengan pemandangan terasiring persawahan. 

Tak jauh dari tempat itu, gemericik air di pertemuan 2  sungai yakni Sungai Beringin dan Sungai Banteng, memecah kesunyian. 

Konon, beberapa bidadari pernah mampir untuk mandi di air terjun tersebut. Menjadikan air terjun 7 bidadari adalah sebuah perpaduan yang menyenangkan bagi penyuka jalan-jalan, sepeda gunung, dan fotografi serta membantu menghilangkan penat dari rutinitas. 


2. Air Terjun Grojogan Sewu - Karanganyer

Air Terjun Di Jawa Tengah


Masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 80 meter dan aliran yang sungguh deras sehingga percikannya membasahi daerah sekitar, menjadikan air terjun ini favorit wisatawan di Jawa Tengah. 

Untuk mencapai air terjun, kita harus menuruni anak tangga, dan perjalanannya cukup melelahkan. Apalagi saat pulang, anak tangga yang harus dinaiki sangatlah berat. 

Di sini kita bisa menjumpai monyet yang hidup liar, dan juga berbelanja tanaman hias. Kuliner yang terkenal dikenal sebagai sate kelinci.


3. Air Terjun Curug Sewu - Kendal

Air Terjun Di Jawa Tengah


Nama air terjun di sekitar semarang ini diambil dari nama tempat dimana curug atau air terjun ini berada, yaitu di Kampung Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Curug Sewu ini mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya, lantaran ketinggiannya yang mencapai 80 meter ini terdiri dari tiga level, masing-masing 45, 15 dan 20 meter.

Keunikan lainnya seperti kolam renang, gardu pandang, taman bermain anak dan kebun binatang.


4. Air Terjun Jumog - Karanganyer

Air Terjun Di Jawa Tengah


Air Terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu yang jaraknya sekitar 500 meter dari Candi Sukuh.
Obyek wisata terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Mungkin berbeda dengan Air Terjun yang lain yang mempunyai ketinggian di atas itu.

Bakal namun, Air Terjun ini memiliki estetika khas wisata alam. Ada yang pernah ucap pelangi muncul setiap hari sekitar jam sepuluh  pagi di Air Terjun Jumog ini.


5. Air Terjun Sirawe - Banjarnegara

Air Terjun Di Jawa Tengah


Air Terjun / Curug Paling Indah di Jawa Tengah yaitu air terjun sirawe banjar negara. 
Curug ini berada di dataran tidak rendah Dieng yang pastinya mempunyai air yang cukup dingin. 

Ketinggian curug ini sekitar 80 meter. Pemandangan yang spektakuler ini banyak mengundang wisatawan - wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Curug ini terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur,m Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Suasana yang sejuk dan segar menjadikan tempat ini sering di kunjungin tidak sedikit orang untuk berwisata.

Baca Juga: 7 Wisata Dieng Terpopuler

6. Air Terjun Songgolangit - Jepara

Air Terjun Di Jawa Tengah


Objek wisata ini terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, 30 kilometer sesudah utara Kota Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan selebar 2 meter. 

Dinamakan Songgolangit sebab dilihat dari bawah maka air terjun tersebut nampak seakan menjadi penyangga horizon. Panorama alam di sekitar objek wisata ini sungguh indah dan udaranya cukup nyaman, 
cocok untuk acara santai atau kegiatan rekreasi lainnya. 

Tidak sedikit kupu kupu beraneka ragam dengan warna warni yang cukup indah. Objek wisata ini mampu ditempuh dengan kendaraan roda dua  sebab jalan beraspal cukup baik. 


7. Air Terjun Gumiwang - Baturaden

Air Terjun Di Jawa Tengah


Air terjun Gumiwang terletak di dalam lokasi wisata batu raden, air terjun Gumiwang dengan ketinggian sekitar dua puluh lima meter dan bersumber dari mata air Gunung Slamet. 

Tidak sedikit pengunjung air terjun Gumiwang di Baturaden yang melakukan atraksi terjun / lompat dari puncak air terjun. Kegiatan melompat itu tidak sedikit dilakukan oleh anak-anak khususnya dari batu raden dengan bertujuan mengambil uang logam yang dilempar pengunjung yang sedang berwisata ke sini. 

Jika Anda pengen mencoba antraksi mengambil uang logam tersebut silahkan berkunjung di air terjun Gumiwang batu raden. 



8. Air Terjun Trocoh - Temanggung

Air Terjun Di Jawa Tengah


Air Terjun Trocoh biasa dikenal juga dengan nama curug Surodipo. Surodipo adalah nama seorang pengikut setia Pangeran Diponegoro. Pernah dipercaya sebagai panglima perang saat melawan tentara Belanda pada masa penjajahan.

Lokasi Curug Trocoh ini ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. 

Selain Air Terjun, daerah ini dulunya merupakan lokasi Pangeran Diponegoro membangun benteng pertahanan. Dan mengumpulkan panglima perangnya. Air di Curug Trocoh tak pernah berhenti mengalir sepanjang tahun, termasuk saat musim kemarau. 

9. Air Terjun Grenjengan Sewu - Pati

Air Terjun Di Jawa Tengah


Air terjun Grendengan sewu Pati ini terletak di Kampung Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati, dengan ketinggian sekitar 25 meter dan merupakan tempat wisata air terjun yang kesejukan alamnya asri dan indah

Lingkungan yang masih alami, meskipun aksesnya jalan yang masih sedikit susah untuk dilalui kendaraan bermotor, sehingga membuat para wisatawan yang berkunjung agar mengaksesnya dengan cara berjalan kaki

10. Air Terjun Silangit - Purworejo

Air Terjun Di Jawa Tengah


Salah satu daya tarik Air Terjun Silangit adalah sebab mempunyai 3 tingkatan, yaitu 30 meter, 10 meter dan terakhir 10 meter. Masing-masing tingkatan mempunyai kolam di bawah curug.

Air terjun ini terletak di Kabupaten Purworejo tepatnya di Desa Kaligesing, Dusun Jaketro, Kampung Kaligono. Kolam-kolam sedalam sekitar 5 meter itu untuk mandi dan berenang dimanfaatkan pengunjung seperti biasanya.

itulah beberapa 10 Destinasi Air Terjun Di Jawa Tengah semoga dapat memanjakan mata anda dalam melihat wisata air terjun
10 Wisata Jawa Timur Yang Paling Indah

You May Also Like

3 komentar

  1. Salah satu air terjun kesukaan saya masuk dalam daftar

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete